click and you got money

Wednesday, May 10, 2006

Frequently Asked Question for UGM Web Hosting Service

Answers

1.Sebenarnya apa sih layanan Web Hosting UGM itu

Layanan Web Hosting UGM adalah layanan penyediaan hosting website bagi seluruh civitas akademika UGM dan lembaga-lembaga di lingkungan UGM. Layanan ini disediakan oleh UPU PPTIK (a.k.a Puskom) secara gratis dan berlaku selamanya (seumur hidup).



2. Untuk siapa sajakah layanan ini? Bolehkan saya mendaftar?

Seperti disebutkan di atas, layanan ini ditujukan bagi seluruh civitas akademika UGM, baik itu staff pengajar, staff non pengajar dan seluruh mahasiswa UGM dan alumni. Layanan juga tersedia bagi lembaga-lembaga di lingkungan UGM, baik itu lembaga organik kampus maupun lembaga kemahasiswaan. Jika anda adalah salah satu dari elemen di atas, maka anda bisa mendaftar untuk memiliki account pada Mail UGM.



3. Bagaimana jika saya ingin mendaftar?

Jika anda ingin mendaftar, silahkan datang ke bagian perpustakaan UPU PPTIK (a.k.a Puskom) untuk mengisi formulir pendataran. Pendaftaran secara online akan bisa dilakukan segera, saat ini masih dalam tahap pengembangan. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis. Jangan lupa untuk membawa copy identitas anda sebagai civitas UGM. Formulir pendaftaran juga bisa didownload di sini.



4. Alamat domain apa yang saya dapatkan nantinya setelah saya terdaftar?

Jika anda mendaftar sebagai personal, maka anda akan mendapatkan alamat http://web.ugm.ac.id/namaanda yang juga dialiaskan ke http://namaanda.web.ugm.ac.id

Sedangkan untuk lembaga, alamatnya akan bervariasi. Untuk lembaga di tingkat universitas, alamatnya adalah http://namalembaga.ugm.ac.id. Sedangkan untuk lembaga di tingkat fakultas, alamatnya adalah http://namalembaga.namafakultas.ugm.ac.id.



5.Fasilitas apa saja yang bisa saya dapatkan di layanan Web Hosting UGM?

Secara default, anda akan mendapatkan space hosting pada server yang mendukung teknologi PHP dan MySQL. Kuota default adalah 50M. Setiap user dapat membuat 1 database MySQL. Juga tersedia program host manager yaitu cpanel yang memungkinkan anda untuk melakukan manajemen terhadap account hosting anda. Untuk upload data, disediakan protokol ftp



6. Saya dengar di server hosting ada cpanel, apakah itu?

Cpanel adalah sebuah program host manager. Dengan cpanel, anda bisa melakukan manajemen hosting anda mulai dari edit file, managemen database, ganti password dan lain-lain. Untuk masuk ke cpanel, anda bisa mengakses http://web.ugm.ac.id/namaanda/cpanel, kemudian masukkan userid dan pasword anda.



7. Saya baru saja terdaftar, bagaimana cara mengisi website saya?

Jika yang anda maksud adalah bagaimana membuat website, anda bisa mencari referensi-referensi tentang design dan pembuatan website di berbagai situ di internet. Selain itu di toko buku juga sudah banyak sekali buku-buku yang membahas tentang desain dan pembuatan website.

Jika yang anda maksud adalah bagaimana mengupload website anda, ada 2 cara untuk melakukannya. Cara pertama menggunakan cpanel. cpanel juga memiliki fasilitas upload file. Tetapi fasilitas ini memiliki keterbatasan yaitu upload file hanya bisa dilakukan file per file, tidak bisa langsung mengupload sebuah direktory. Cara yang kedua adalah menggunakan program ftp client. Ada banyak program ftp client yang ada. Untuk Sistem Operasi Windows, anda bisa menggunakan Coreftp, CuteFTP atau WSFTP. Perlu diketahui bahwa program WinSCP tidak bisa digunakan di sini karena WinSCP tidak menggunakan protokol ftp. Sedangkan untuk Sistem Operasi keluarga Unix, anda bias menggunakan gFTP.



8. Bagaimana cara untuk membuat database MySQL pada website saya?

Untuk membuat database MySQL, silahkan login ke cpanel. Kemudian pilih menu MySQL Databases. Dari situ anda bisa membuat database dan user untuk database anda. Perlu diketahui bahwa ketika anda membuat database, maka otomatis user id anda akan menjadi prefix bagi database anda. Jadi jika anda membuat database yang bernama ndata maka otomatis cpanel akan memberi prefix userid pada nama database anda, sehingga nama database anda adalah userid_ndata. Dan userid_ndata lah yang anda masukkan ke connection string anda. Demikian pula dengan user database anda.



9. Bagaimana caranya merubah password saya?

Anda bisa melakukannya dari cpanel. Silahkan explore berbagai fasilitas pada cpanel



10. Bagaimana memperoleh bantuan teknis?

Silahkan hubungi admin[at]ugm.ac.id atau kontak ke Gamanet di 0274-515660.

No comments: